13 November 2007

Festival Lagu Toba/Tortor Dan Lomba Marhata Adat Di Tigalingga

Tigalingga-Dairi Pers: Menindak lanjuti gerakan penggalian budaya Etnis di Dapem IV, khususnya di kecamatan Tigalingga Kab Dairi, Agustus lalu telah di gelar sebuah gebrakan budaya berupa pagelaran Festipal Lagu lagu Karo dan adu Parkolong kolong. Ketika itu Tukar Ginting sebagai ketua panitia di dampingi Sekretaris ,Jefri Pinem kepada Dairi Pers, mengharap kiranya hajatan yang telah di cetus mereka dapat berlanjut dengan etnis lainnya yang ada di daerah itu seperti, Toba, Pakpak dan lainnya.
Seperti di ketahui,Dapem IV khususnya di kecamatan Tigalingga, dihuni ragam etnis dengan berbagai aneka ragam tradisi adat dan budaya. Menyikapi hal tersebut, beberapa waktu lalu di Tigalingga telah terbentuk sebuah kepanitiaan pelaksanaan Festipal Lagu/Tortor dan loma Marhata Adat/Sinamot.
Ketua Panitia Pelaksanaan Festipal,Omri Simanjuntak di dampingi Sekretaris Pongging Sinaga dan Rasman Sianturi kepada Dairi Pers, dengan raut optimis mengatakan acara Festipal Lagu/Tortor dan Marhata Adat, akan dilaksanakan tanggal 28-29 Desember 2007 di Tigalingga.
Khusus lagu yang di perlombakan, telah di tentukan panitia sebagai lagu wajib/pilihan untuk jenis Trio dan Solo. Sementara tortor dengan maximal 5 pasangan putra/putri. Sedangkan Marhata Sinamot, dengan peserta mewakili Paranak dan Parboru, masing masing 7 orang. Untuk perlengkapan telah di sediakan panitia.
Bukan klise tapi menurut Omri, tujuan utama dari pelak-sanaan Festival ini, untuk menggali dan melestarikan adat budaya etnis khususnya Toba, yang dianggap dapat sebagai perekat/ pemersatu etnis yang akhir akhir ini sudah sedikit luntur terlebih untuk menjalin kebersamaan dengan etnis lain di kecamatan Tigalingga, ujarnya.
Dikatakan, ini di alami oleh Tukar Ginting tokoh adat Karo kecamatan Tigalingga yang juga hadir pada pertemuan tersebut.Dia berharap kiranya etnis lainnya juga siap-siap untuk menggelar acara serupa, seperti yang telah dirintis etnis Karo dan Toba. Penitia Festival menambahkan, bagi para pemenang lomba lagu/tortor dan Marhata Adat, akan diberikan hadiah menarik berupa piala dan uang pembinaan. Bagi yang berminat dapat mendaftar di Jln.SM. Raja No 94 Tigalingga paling lambat Tgl 31 Oktober 2007 atau menghubungi HP 085275898226 dan 08170534550.(LT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar