17 November 2007

Untuk Simpati Masyarakat Dairi

Sidikalang-Dairi Pers : Sejumlah baleho, spanduk dan striker kini terpampang di kota Sidikalang. Pamplet serta baleho ini ditempatkan pada sudut-sudut strategis kota Sidikalang untuk menarik simpati masyarakat sehingga hak suara yang dimiliki nantinya akan tersalur kepadanya dalam meraih kursi. Memang sulit meraih simpati dan meraih kursi kepemimpinan. Perlu dana, strategi dan tim sukses. Namun itu merupakan filter bagi mereka yang mengimpikan nama dan jabatan.
Pantaun Dairi Pers di seputaran kota Sidikalang sejumlah spanduk dan baleho yang sengaja dipasang dibeberapa titik itu memang cukup efektif untuk sosialisasi diri dan perkenalan diri. Mereka memang tidak mencantumkan langsung impianya menjadi gubernur atau menjadi Bupati namun dengan berbagai spanduk itu jelas berpesan “plilihlah aku menjadi pemimpinmu”.
Metode ini juga menurut KPU Dairi yakni Hendra dan Asal Padang belum melanggar atau curi start kampanye. Bahkan sistim itu menurut mereka wajar dan mendidik sebagai sosialisasi diri sehingga masyarakat mengetahui siapa pemimpinnya.
Disisi lain kehadiran baleho dan spanduk ini bisa menjadi pemandangan mengasyikkan bagi mereka yang jarang masuk Sidikalang. Warna Sidikalang juga berubah karena pada titik startegis selalu tampak wajah-wajah yang mensosialisasikan diri.
Sejumlah nama dan vigur yang muncul diantara disebut-sebut menjadi calon gubernur dan calon bupati Dairi. Berbagai ucapan juga disampaikan seperti selamat idul fitri, puasa dan ucapan lain berkaitan dengan hari besar.
Pajak
Sementara itu layaknya iklan dan papan bisnis sesuai perda mereka yang memanfaatkan titik strategis itu harus membayar pajak. Memang tidak gampang asal memasang iklan atau perkenalan diri saja. Bukan hanya sekedar mendirikan dan memasang pamplet namun juga dibebankan pajak. Mereka juga harus mengikuti peraturan daerah yang berlaku yakni membayar pajak.
Kabid Tatakota Amister Lumbanggaol yang dikonfirmasi via ponsel Jum at (8/11) mengakui hingga kini belum ada spanduk yang berunsur promosi diri menjadi cagub maupun cabup bermohon kepadanya soal pendirian baleho maupun spanduk .Menurutnya itu penting dan merupakan mekanisme yang sah untuk mendirikan suatu iklan. Dikatakan beleho dan spanduk bisa disamakan dengan iklan berbagi produk yang harus membayar pajak sesuai perda. Jika dihitung pemasukan dari iklan serupa itu bisa menjadi PAD. Tingkat kesulitan menurutnya tidak diketahui siapa yang memasang dan biasanya pagi hari sudah terpampang.(R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar