13 November 2007

Dari Pameran Pembangunan: Dairi Perlu Semacam Dairi Fair

Sidikalang-Dairi Pers: Pameran pembangunan Dairi yang dibuka senin (29/11) oleh Bupati Dairi DR MP Tumanggor menunjukkan kenaikan signifikan dalam jumlah peserta juga transaksi bisnis yang terjadi. Even pameran yang tahun ini dirangkai dengan pesta Njuah-juah itu terbukti efektif mengangkat jumlah pengunjung pada pameran. Diperkirakan ribuan pengujung memadati lokasi pameran yang berlangsung di eks stadion Sidikalang itu setiap harinya.
Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Dairi Drs. Ramses Simamora yang dikonfirmasi di stan infokom jum at (2/11) menyebutkan jumlah peserta sekitar 100 stan. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu.Pameran tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu yakni berlangsung selama 5 hari. Tahun sebelumnya hanya 3 hari.
Peningkatan jumlah maupun kwalitas pada tahun ini jelas terlihat dari peserta pameran yang datang dari Solo, Jakarta maupun pedagang kabupaten-kabupaten yang ada di Sumut. Kendati belum dapat dipastikan jumlah transaksi yang terjadi namun diperkirakan jumlahnya jauh lebih besar dibanding tahun lalu. Kita bisa lihat stan Yamaha, dan flexi misalnya terjadi transaksi penjualan. Transaksi bisnis ini memang salah satu tujuan dari pameran, ujar Simamora.
Namun yang utama menurutnya tujuan pameran sebagai barometer kondisi Dairi terakhir. Ini merupakan suatu gambaran miniatur Dairi. Dengan pameran ini masyarakat akan tahu kondisi Dairi terkini. Disamping itu dengan pameran diharapkan akan berkembang ke fungsi multiflier yakni menjadi ajang hiburan, wisata dan promosi.
Kita berfikir pada tahun mendatang even ini akan berkembang dan bila penting mengikutsertakan perantau dari Dairi. Banyak perantau Dairi yang kini berhasil di negeri orang. Tak sedikit juga yang berperan dalam dunia bisnis. Jika meraka berkenan hadir bisa saja terjadi transaksi barang-barang maupun jari-ngan bisnis. Ini positif untuk Dairi. Disamping itu kita menyadari masih ada imej Dairi itu masih tertinggal dan kolot. Namun dengan pameran seperti itu maka informasi akan terbuka dan transparan bahwa Dairi sudah berubah bukan berkutat pada pola fikir lama itu lagi, kata Ramses Simamora.
Dairi Fair
Sementara itu Drs. Ramses Simamora mengatakan dalam pameran tahun ini dilakukan angket dan fromulir yang disebar kepada peserta pameran maupun pengunjung atas masukan dan kritik pada even itu. Dari angket yang disebar muncul permintaan dari peserta agar Dairi tidak hanya menggelar hal serupa berkaitan dengan hari jadi Dairi saja. Maunya Dairi menggelar even serupa semacam Dairi Fair,. Ini yang kita dapat dari angket itu, Ujar Simamora.
Diakui jika pameran tahun ini mampu menyedot jumlah pengunjung yang cukup besar. Diperkirakan seribuan pengunjung setiap malamnya masuk ke arena pameran. Terlepas dari motivasi pengunjung yang masuk namun pameran tahun ini berlangsung dalam suasana iklim yang bersahabat. Tahun lalu cuaca diselimuti hujan sehingga pameran kurang diminati pengunjung. Kita juga mengucapkan terimaksaih kepada entertaimen yang setiap malamnya mengadakan hiburan sehingga pengunjung disamping melihat pameran juga menikmati hiburan yang disajikan. Kita tahu warga Dairi selama ini haus akan hiburan. Jelas pameran ini dapat menjawab kehausan itu, ujar Simamora.
Menurutnya pameran ini bisa menjadi even dan sangat penting dalam perkembangan Dairi. Direncanakan pada tahun depan akan diupayakan perbaikan dari segi perencanaan sehingga even akan terlihat Akhbar dan paling utama tujuan transaksi bisa berkembang.
Menyinggung jumlah peserta yang bahkan bisa datang dari luar Dairi Ramses Simamora menyebutkan sebelumnya sudah mengupayakan menghubungi jaringan pedagang saat ikut pameran di PRSU lalu. Tak sulit sebenarnya mendatangkan mereka selama mereka berasumsi dengan kehadiaran mereka bisa mendapatkan untung. Rasanya cukup satu orang kita hubungi maka akan muncul beberapa pedagang untuk ikut serta, ujarnya.
Untuk itu menurutnya jika menghadirkan lebih banyak pedagang pada even tahun mendatang maka perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan anggaran dalam APBD mendatang. Saya yakin ini bisa berkembang jika didukung semua pihak. Dan seperti tujuannnya pameran akan berkembang secara multiflier efek yang pada gilirannya membawa keuntungan bagi Dairi.(R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar