13 November 2007

Air Tidak Jalan, Masyarakat Sidikalang Mengeluh

Sidikalang-Dairi Pers : Air sebagai salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Dimana setiap masyarakat yang akan melakukan kegiatannya biasanya sangat meemerlukan air. Baik untuk mandi, mencuci ataupun untuk kegiatan lainnya.
Kondisi air yang tidak jalan selama 4 hari ini yang dialami sebagian penduduk Dairi yang dimulai dari tanggal 29 Oktober 2005 sampai dengan berita ini diturunkan ke meja redaksi masih mengalami tidak jalannya air ke sebagian rumah-rumah warga masyarakat Dairi. Ketika hal ini ditanyakan kepada salah seorang staf pegawai PDAM Tirta Nciho menyebutkan bahwa matinya air itu disebabkan oleh longsornya sumber air,kamis(1/11).
Dan pada tanggal 1 november PDAM Tirta Nciho memberikan pengumuman lewat radio yang menyebutkan pemberitahuan tentang tidak jalannya air karena adanya kerusakan di sumber air. Kondisi seperti ini yang menunjukkan bahwa masih lemahnya manajemen dari PDAM Tirta Nciho sehingga kecolongan dalam hal pemberitahuan ini. sehingga sempat menimbulkan tanda Tanya besar kenapa air setetes pun tidak keluar. Mungkin dari manajemen kantor tersebut merasa hal seperti itu tidak apa-apa. Tetapi adalah penting untuk melakukan tugas sebaik-baiknya dimana kantor ini menangani salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat vital. Pada edisi sebelumnya pernah dikatakan bahwa PDAM Tirta Nciho akan melakukan penaikan tarif air minum.
Kenaikan tarif air minum tersebut sah-sah saja asal diimbangi dengan pelayanan masyarakat yang baik. Jangan hanya menuntut hak tanpa melakukan kewajiban terlebih dahulu. Jika saja dengan kualitas air yang baik,lancar dan sistem manajemen yang baik dilakukan tentu saja masyarakat Dairi tidak akan keberatan jika tarif air itu dinaikkan.
Bila sekarang sedang diadakan pameran pembangunan yang dilaksanakan di stadion Sidikalang. Tidak tampaknya stand dari PDAM Tirta Nciho menjadi satu pertanyaan apakah karena tidak adanya pembangunan yang dilakukan PDAM Tirta Nciho terhadap Dairi atau memang karena tidak adanya biaya untuk ikut dalam pameran tersebut. Tetapi sebagai salah satu BUMD harusnya menunjukkan diri bukan malah tidak ikut. Jangan sampai anak-anak sekolah bertanya dari sekian banyak stan yang ada PDAM di daerah ini tidak ada ya? (TH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar