28 Oktober 2007

4 Desa Tarabintang Pilkades, Draw Kisruh

Tarabintang-Dairi Pers: Empat desa di kecamatan Tarabintang, Humbahas melaksanakan pilkades. Empat desa tersebut Desa Tarabintang, sibongkare, sitanduk dan sihombu. Namun dalam pilkades Sibongkare terjadi kisruh hasil draw yang berbuntut panjang. Munculnya pemilih yang belum cukup umur menjadi tuntutan calon yang kalah.
Pilkades di empat desa tersebut dihadiri camat Tarabintang di desa Sibongkare dilaksanakan di kompleks SD N Sibongkare. Turun berlaga Belman Marbun dengan lambang kelapa dan Marisi Sitomorang dengan lambang pisang. Namun hasil nyaris draw yakni Belman Marbun 270 suara dan Marisi 262 suara dengan 2 suara batal akhirnya protes karena ditemukannya calon yang kurang umur. Bahkan mereka menuding munculnya pemilih seperti itu adanya usnsur kesengajaan panitia PPKD.
Salah seorang perantau asal desa itu Tumpal Situmorang kepada Dairi Pers mengatakan pilkades yang berlangsung tidak jurdil tersebut akhirnya tidak diterima warga . Mereka membuat peryataan dan menyampaikannya kepada Bupati Humbahas. Bukan tidak mungkin jika hal ini tidak berkesudahan kami akan maju dan dermo “ ujarnya.
Dikatakan sejak awal sudah ada indikasi permaianan dengan mengikutsertakan pemilih dibawah umur. Namun saat diprotes panitia tidak menggubrius. Akhirnya kisruh itu terjadi setelah usai perhitungan suara.
Camat Tarabintang H Sinabutar,SE mengatakan demi kondusifnya hasil pilkades maka panitia agar mempending hasil pilkades. Selanjutnya akan diadakan musyawarah antar tokoh, PPKD dan BPD. Hasil ini akhirnya disepakati dengan pengumuman PPKD hasil dipending untuk menga-dakan pengecekan ulang.
PPKD yang ditemui wartawan dikantornya mengakui adanya pemilih yang terdaftar di DPT belum cukup umur. Pemilih yang tak cukup umur tersebut berasal dari desa yang sama . Desa ini didata AS. PPKD tidak mengetahui apakah itu unsur kesengajaan AS atau tidak.
Pengakuan PPKD ditemukan beberapa nama yang belum cukup umur yakni Ripel Marbun, Dewi Parti Buaton dan Rismawati sinaga. Namun karena permasalahan belum selesai panitia menjadi kalang kabut. Ketua PPKD Bistok Sitohang di duga melarikan diri dan menurut infromasi berita acara hanya ditandatangai anggota.
Sementara itu di desa Sitanduk, Tarabintang pilkades Senin (17/9) bertempat di pasar Sitanduk. Hasilnya Masinton Tumanggor dengan lambang kelapa memperoleh suara 556 suara serta Bernardus Berutu dengan lambang pisang memperoleh 403 suara., Di desa Sihombu dilaksanakan Selasa (18/9) bertempat dilapangan SMA N 1 Tarabintang . Panabar Marbun dengan lambang jagung memperoleh suara 276 suara dan Baris Malau dengan lambang padi memperoleh suara 382 Suara.
Dalam pilkkades putaran kedua di desa Tarabintang dilaksanakan jum at (28/9) berlangsung di SD tarabintang. Pada putaran pertama hasil pilkades desa ini draw.
Dari putaran ke dua ini Albine Tumangger dengan lambang nenas memperoleh 328 Suara dan Selamat Simbo-lon dengan lambang kelapa memperoleh 325 suara. (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar