28 Oktober 2007

Ratusan RT Warga Desa Silalahi III Konsumsi Air Sawah

Silahisabungan-Dairi Pers: Ratusan Rumah Tangga (RT) warga Desa Silalahi III kecamatan Silahisabungan Kab.Dairi, kini masih mengkonsumsi air sawah maupun untuk keperluan lainnya.Hal ini sudah sekitar tiga tahun berlangsung karena sarana air bersih terputus.
Beberapa warga disana diantaranya, St Abel Situngkir (60) dan Henny br Sinaga (35) kepada Dairi Pers belum lama ini mengatakan, dulu sarana air bersih di Desa itu telah ada. Tetapi tiga tahun lalu, air dari hulu mati. Sejak itu warga menjadi mengkonsumsi air dari areal persawahan yang tercemar dengan pestisida. Syukurlah masyarakat tidak ada yang kena penyakit, ujarnya.
Dikatakan,kalau pemerintah mau membangun sarana air bersih di Desa itu,menurut ST Abel Situngkir tidak begitu sulit.Sebab masih ada sumber air lainnya yang berhulu dari gunung.Kalau hanya dari swadaya masyarakat untuk membangun sarana air bersih,tidak memungkinkan melihat dari segi perekonomian masyarakat yang masih memprihatinkan.Sebab kebanyakan warga tergolong miskin.
Desa yang berada di pinggir pantai Danau Toba itu,menurut Situngkir tidak pernah warga mengkonsumsi air Danau Toba. Sebab air Danau itu sudah tercemar dan lebih parah dari air areal persawahan. Tetapi kalau hanya untuk mencuci dan mandi,warga masih kerab menggunakan-nya.Tetapi yang jelas,kalau musim kemarau terjadi,semua warga Desa ini mengkonsumsi air sawah, ujarnya. Dikatakan, tentang kebersihan tidak dapat di peroleh kalau air tidak ada. Bagaimana kita meningkatkan kebersihan tetepi sara air tidak ada.Kalau warga masih terus mengkonsumsi air dari aeral persawahan,tidak tertup kemungkinan diantara warga ada yang kena penyakit.Sebab areal persawahan sudah tercemar dengan pestisida. Begitu juga dengan air Danau Toba tidak layak lagi di pakai sekalipun hanya untuk mandi.Justru itu kami sanagat mengharapkan perhatian serius dari Pemkab Dairi,agar dapat membangun sarana air bersih.Apalagi daerah ini sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW).Tentu harus menye-diakan sarana air bersih.Sebab kita malu melihat turis terutama manca negara yang sudah sering berkunjung ke daerah untuk menikmati panorama indah Danau Toba(R.01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar