28 Oktober 2007

HKBP Distrik VI Dairi-GKPPD &UEM Adakan Pelatihan Peternakan & Pertanian Organik

Sidikalang-Dairi Pers: Melihat perkembangan kehidupan belakang ini semakin menuntut manusia untuk semakin lebih berkompetisi. Dimana masalah-masalah kehidupan semakin lama semakin susah. Sebagai contoh masalah pertanian yang terjadi di sekitar kita dimana hama penyakit tanaman yang sepertinya tidak kunjung dapat diselesaikan oleh tenaga-tenaga ahli pertanian. Untuk itu perlu adanya suatu pendidikan tambahan bagi kita terutama masyarakat Kabupaten Dairi untuk segera dapat memikirkan upaya dari masalah-masalah pertanian dan peternakan kita
Bertempat di gedung training centrum jalan air bersih Sidikalang, Bishop gereja Kristen Protesta Pakpak Dairi (GKPPD) Pdt.EJ.Solin,S.Th, selasa(2/10), membuka pelatihan peternakan dan pertanian organic GKPPD-HKBP distrik VI Dairi dan United Evangelist Mission(UEM)
Bishop dalam sambutannya dilakukannya pelatihan yang selama 3 hari itu diharapkan peserta akan memahami dan melaksanakan secara nyata ditengah kehidupan masyarakat. diharapkan nantinya dengan adanya kegiatan ini dapat menjembatani para jemaat gereja-gereja untuk sekaligus dapat mempraktekkan apa yang dipelajari selama mengikuti kegiatan pelatihan pertanian dan peternakan ini sehingga memberikan hasil positif .
Ditambahkannya, gereja bukan hanya melayani bidang kerohanian, tetapi turut serta menggalang kemajuan peningkatan taraf hidup masyarakat terutama jemaatnya sendiri. Dimana tantangan gereja ke depan akan semakin sulit untuk itu jemaat gereja khususnya dituntut mampu menghadapi pasar bebas (Free trade)
Sementara tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut menurut bishop, adalah menjembatani antara jemaat GKPPD-HKBP Distrik VI Dairi dengan kader-kader jemaat yang berada di Jerman. Mempersiapkan kader-kader pelopor khusus dalam bidang pertanian di dua kabupaten dan menyeimbangkan penggunaan pertanian kimia dengan pertanian organik.
Ketua panitia pelatihan,Pdt Simeon Kudadiri S.Th, dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta yang tadinya diharapkan hanya sebanyak 30 orang, ternyata menjadi lebih. Ini membuktikan bahwa kegiatan ini seperti ini masih dianggap perlu oleh jemaat GKPPD dengan HKBP Distrik VI dalam menghadapi tantangan ke depan ini.(TH)
Pelaksanaan pelatihan ini didukung UEM yang dulunya dikenal dengan nama RMG yang berpusat di Jerman. Kegiatan UEM terdapat di tiga benua yaitu Eropah,Asia dan Afrika. Sementara dana kegiatan berasal dari UEM tanpa melibatkan bantuan pemkab Dairi dan Pakpak Bharat. Materi yang diberikan terdiri dari analisa sosial, organisasi ,pemahaman, yang berkaitan dengan peternakan serta pertanian organik. Diharapkan pemerintah Dairi dan pemkab Pakpak bharat dapat sesegera mungkin merespon kegiatan seperti ini sehingga ada kerja sama antara pihak gereja dan pihak pemerintah daerah dalam pengembangan sumber daya masyarakat (SDM) masyarakat meningkatan kesejateraan penduduk.(TH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar