03 Februari 2008

Turbin Air Desa Sitonong Onan Ganjang Berfungsi

*Masyarakat Setempat Harapkan Bupati Meresmikannya*
Doloksanggul-Dairi Pers: Kegiatan proyek pemamfaatan sumber daya air yang menghasilkan arus listrik yang di bangun di Desa Sitonong kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbahas, kini telah di uji coba dan dapat berfungsi sebagaimana di harapkan.Proyek dengan kapasitas 30 Kw itu, di bangun tahun 2007 dengan dana Rp 20 juta dari APBD, yang di rancang salah seorang staf Perindagkop Humbahas, Drs.B. Silitonga
Pantauan Dairi Pers dilapangan, kincir/turbin itu telah beroperasi selama 5 bulan dan telah dapat memberikan penerangan ke rumah rumah penduduk sebanyak 30 Rumah Tangga (RT) warga Desa Sitonong dan termasuk ke beberapa Gereja dan sekolah yang ada di Desa itu.
Menurut Drs B.Silitonga, dia menciptakan turbin air ini dengan tujuan untuk memanfaatkan air terjun yang ada di Desa itu serta mendukung program pemerintah mengatasi krisis listrik dan memamfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
Dikatakan, menurut hukum pascal bahwa tekanan air ke setiap sudut dan sisi mempunyai tekanan volume yang sama.Dengan demikian kita membuat inovasi (penemuan baru) guna mensejahterakan rakyat menikmati pembangunan. Tahun 2007 lalu,turbin ini telah di pamerkan di Jakarta Fair.Setelah itu tamu dari Kalimantan dan Sulawesi datang berkunjung ke Humbahas untuk mengetahui lebih jauh sampai dimana pemamfaatan sumber daya air di daerah ini dengan tujuan dapat di contoh di daerahnya,ujarnya.
Beberapa warga Desa itu mengatakan, setelah di operasikan turbin ini mereka telah merasakan pembangunan. Kami telah menikmati hasil pembangunan dari pemerintah karena sudah mendapatkan penerangan atau telah dapat menonton TV yang selama ini tidak dapat di nikmati karena belum terjangkau arus listrik.
Untuk itu kami warga Desa ini sangat mengharapkan agar bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing dapat mengunjungi Desa ini sekaligus untuk meresmikan proyek Listrik dari tenaga air.Kami sangat mengharapkan kunjungan bupati untuk menjamunya sebagai ucapan terimakasih qwarga Desa ini, ujar warga.
Kadis Perindagkop Ir.Lasman Simamora mengatakan, seluruh daerah terpencil di Kabupaten Humbahas akan di kunjungi sekaligus mencari sumber daya air terjun yang dapat di mamfaatkan untuk pembangkit listrik.Dengan harapan seluruh warga dapat menikmati penerangan serta memamfaatkan sumber daya alam di daerah ini, ujarnya. (AT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar