03 Februari 2008

Sukses Tani: PEMBAHARUAN POLA PIKIR PETANI DAIRI

SELAMAT TAHUN BARU 2008 M/1429 H.
Beberapa hal patut direnungkan pada tahun-tahun yang telah dilalui para petani Dairi dan sekitarnya. Dalam hal budidaya pertanian adalah bagaimana pengalaman memproduksi hasil tani pada tahun yang lalu, dan apa yang menguntungkan diproduksi pada tahun baru ini. Tentang peranan penyuluhan untuk peningkatan pengetahuan dan bagaimana teknologi pertanian untuk petani Dairi telah diterapkan pada tahun yang lalu juga perlu direnungkan untuk langkah pada tahun yang baru.
Petani tentu selalu berpikir apakah akan diterima pasar hasil pertaniannya dan bagaimana memproduksinya. Tetapi pemikiran yang patut direnungkan dari pengalaman tahun lalu untuk tahun yad adalah bagaimana tanggung jawab petani pada pengguna hasil mereka?
Praktek Petani Dairi Memproduksi
Hampir seluruh hasil pertanian Dairi adalah untuk konsumsi langsung. Ini berarti hasil pertanian berpengaruh langsung pada kesehatan pembeli hasil tani Dairi. Orang membeli hasil pertanian untuk kebutuhan pangan dan kesehatannya. Kita patut merenungkan apakah tomat, jeruk, kentang, kopi, kakao, dll yang diproduksi petani tidak malah merusak kesehatan pembeli.
Ketika seorang petani akan menanam suatu komoditi tentu akan menggunakan pengetahuan dan pengalaman untuk memilih yang akan diusahai. Jika tidak cukup bekal, dia akan bertanya ke sekitar. Pilihan yang diputuskan adalah yang paling aman. Praktek petani Dairi juga akan mengikuti pemikiran tsb.
Tindakan yang tidak rasional adalah saat menghadapi masalah. Contoh nyata adalah saat menghadapi masalah penyakit layu bakteri pada tomat. Ada beberapa petani yang sedemikian gelap berpikir untuk menyemprotkan formalin. Padahal belum pernah formalin disebutkan untuk penyakit tsb. Dan sebagian buah tomat tsb akan dipanen 4-5 hari kemudian.
Kenyataan tsb sebagai kenyataan dari beberapa contoh lain yang diamati penulis di Dairi dan sekitarnya. Ini memukul pemikiran kami. Bagaimana kita dapat mengatasinya secara bersama? Karena begitu banyak praktek-praktek pertanian yang tidak logis.
Tahun Baru dengan Pemikiran Baru
Sejak kolom ini diluncurkan pada bulan Agustus lalu, kami sudah mendiskusikan dengan kawan-kawan di Yayasan SPC sebagai Penerbit Dairi Pers. Setelah terbit rutin malahan ternyata hanya sebagian para penyuluh yang tahu kolom ini. Menyedihkan memang! Padahal para penyuluh mengaku kurang bekal dan haus pengetahuan tani. Pengasuh kolom ini mengajak pemerhati pertanian dan penyuluh untuk lebih terlibat mengisi kolom ini pada Tahun 2008 ini.
Keterbukaan adalah pembuka jalan pembaharuan dan pembangunan pemikiran. Pengasuh kolom ini bersyukur atas sedemikian banyak pertanyaan, masukan dan saran. Umumnya kolom ini dibaca petani pelanggan Dairi Pers. Hal yang paling menggembirakan adalah sedemikian banyak tanggapan dari para guru dan paramedis yang bertugas di Dairi.
Saran pada Tahun yang Baru
Pembangunan pertanian adalah tanggung jawab kita bersama. Kabupaten Dairi dan sekitarnya mayoritas petani yang haus akan informasi dan diskusi bidang pertanian. Mari kita bangun Dairi dengan sumbangan pemikiran. Kolom ini salah satu yang bisa dimanfaatkan dan kami terbuka untuk kemajuan Dairi dan sekitarnya.
Mohon doa restu agar kolom ini bisa berkembang sehingga dengan kolom Sukses Tani Dairi Pers ini informasi dan komunikasi dengan insan pertanian Dairi dan sekitarnya bisa berlanjut. Dengan media ini diharapkan petani Dairi memiliki saluran untuk pembangunan pertanian dan pedesaan di Dairi dan sekitarnya.
Brosur topik tertentu tersedia untuk Petani/Pembaca Dairi Pers di Sekretariat Redaksi Dairi Pers.
Tim Sukses Tani Dairi Pers akan berusaha menjawab pertanyaan bidang pertanian dan pedesaan yang perlu disajikan pada kolom ini atau konsultasi langsung. Silahkan hubungi langsung atau SMS-kan pertanyaan (tolong sebut nama dan alamat) ke ponsel kami: 0813 6230 1475. Atau hubungan internet ke blog: http://dairipers.blogspot.com/.
Semoga SUKSES BerTANI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar