03 Februari 2008

Harga Semen Menurun Rp 20.000/Zak Diduga Spekulasi Pedagang

Sidikalang-Dairi Pers: Memasuki Minggu ketiga Januari, harga semen di pasar Sidikalang Dairi, mengalami penurunan dari Rp 75.000/zak menjadi Rp 55.000/zak ukuran 50 kilogram. Sedangkan ukuran 40 Kg dari Rp 70.000 turun menjadi Rp 45.000/zak. Penurunan harga itu menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat terutama bagi kalangan reka-nan yang telah selesai mengerjakan proyek pemerintah.
Penurunan harga itu diduga merupakan spekulasi pedagang.Sebab harga semen pada pertengahan Nopember 2007, naik secara menggila dari harga Rp 42.000/zak menjadi Rp 75.000/zak ukuran 50 kilogram.Namun setelah memasuki Minggu ketiga Januari 2008, harga menurun secara drastis menjadi Rp 55.000/zak.
Naiknya harga semen di pasar Sidikalang menjelang akhir tahun lalu, membuat rekanan jantungan dan pusing tujuh keliling.Sebab rekanan sedang giat giatnya mengerjakan proyek pemerintah.
Salah seorang rekanan marga Marpaung kepada Dairi Pers, Kamis (18/1) mengatakan naiknya harga semen dan bahan bangunan lainnya seperti besi dan aspal tahun lalu, umumnya rekanan sedang mengerjakan proyek.Akibat kenaikan harga itu banyak rekanan mengeluh karena tidak beruntung dari hasil pekerjaan proyeknya.Tetapi setelah semua proyek selesai di kerjakan, harga semen dan bahan bangunan lainnya kembali menurun.
Marpaung mengatakan, dalam plafon proyek yang di kerjakannya harga semen masih stabil yakni Rp 42.000/zakTetapi setelah proyek mulai di kerjakan, harga semen mulai bergerak naik secara perlahan lahan hingga menjadi Rp 75.000/zak.Bukan hanya saya yang mengeluh. Umumnya rekanan di Dairi mengeluhkan ke adaan itu, ujarnya.
Dikatakan, selain harga semen yang naik secara menggila, juga harga aspal mengalami kenaikan harga mencapai 30 persen.Padahal dalam plafon, harga aspal Rp 700.000/drum.Namun setelah proyek mulai di kerjakan, harga aspal menjadi Rp 1 juta/drum.Tetapi setelah semua proyek selesai di kerjakan rekanan, harga bahan bangunan itu kembali menurun.Ini besar dugaan ak-an permainan para pedagang, ujarnya.
Pantauan Dairi Pers di beberapa pedagang bahan bangunan yang ada di Sidikalang seperti toko Semangat, bahwa harga semen menjadi Rp 55.000/zak.Begitu juga dengan bahan bangunan lainnya juga mengalami penurunan harga. Beberapa rekanan mengharapkan, agar untuk proyek tahun 2008, pemerintah (instansi terkait) dapat mengawasi harga bahan bangunan.(R.01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar