29 September 2007

Tak Ada Ganti Rugi Jalan Sidikalang-Parongil

Sidikalang-Dairi Pers : Mungkin beberapa warga sudah memimpikan bakal ada ganti rugi dalam pelebaran jalan Sidikalang – Parongil. Mimpi itu memang cukup berdasar karena belum lama ini PT Dairi Prima Mineral (DPM) memberikan kompensasi ganti rugi kepada masyarakat dalam pembukaan jalan masuk Parongil-DPM serta lahan warga yang digunakan untuk lokasi perumahan perusahaan tamang tersebut. Namun dalam pelebaran jalan Sidikalang – Parongil ganti rugi itu ditiadakan Hanya beberapa titik saja nantinya yang akan dilakukan pembebasan. De-mikian diungkapkan Parlindungan Sibarani Humas PT DPM di Sidikalang Rabu (19/9).
Dikatakan pelebaran jalan Sidikalang –Parongil yang dalam perencanaannya untuk pengangkutan material PT DPM saat operasi memang sangat penting keberdaannya. Namun dikatakan hasil konsultasi bersama instansi terkait pemkab Dairi maka luas jalan yang ada sepanjang jalur tersebut sekitar 7,5 meter. Dengan kondisi itu menurut Sibarani sudah cukup untuk mobilitas penganngkutan material tambang sehingga tidak diperlukan lagi pembe-basan tanah milik warga .Dikatakan tidak semua jalur yang mempunyai lebar 7,5 meter tersebut. Pada beberapa titik juga mungkin akan dilakukan pelepasan hak atau ganti rugi tanah warga.. Hal tersebut menurutnya berbeda dengan ring road atau jalan tembus menuju PT DPM di Sopokomil yang dibebaskan dari masyarakat.
CD
Sementara itu beberapa bulan lau PT DPM melakukan pembersihan pinggir jalan Sidikalang-Parongil . Pekerjaan ini melibatkan pengusaha lkcal dalam operasionalnya. Jalur Sidikalang-Parongil ini dikerjakan pengusaha local seperti CV Borsak, CV Karina Jaya Utama, CV Arnold serta CV Sasta Nilai nominal yang diguakan sekitar Rp. 1,5 Miliar meliputi pembersihan serta penyisipan jalan . Hal tersebut menurut Parlindungan meru-pakan program pembangunan masyarakat (Community Development) dari PT DPM..
Diebutkan ada pengertian yang salah ditengah masya-rakat atas proyek tersebut dengan dugaan pembersihan tersebut merupakan pembangunan infrastruktur jalan . Namun ditegaskan pembersihan jalur jalan tersebut hanya bagian dari program CD PT DPM. Dengan demikian menurutnya diharapakn dapat membangkitkan kerlibatan pengusaha local. Proyek serupa juga diharapkan masyarakat ikut merasa memiliki dan menjaga hasil proyek tersebut.(R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar