23 September 2007

Mendegger Uruk Marga Manik PGGS Sukses

Kecupak-Dairi Pers: Kerja Mendegger Uruk Marga Pergetteng-getteng Sengkut se Indonesia disele-nggarakan dari tangga 7 s/d 8 September di lokasi Kantor Camat Kecupak. Pakpak Bharat . Dalam pelaksanaan kerja adat dan budaya itu pada hari pertama dilaksanakan acara Napak Tilas yaitu berjia-rah ke tempat-tempat pening-galan leluhur marga Manik yaitu Lebuh Kuta Messeng Pertulanan, Lae Kecupak, Lae Une, Pangulubalang Mejan dan ke lebuh-lebuh yang terdiri dari 17 lebuh (perkampungan) marga Manik.
Mansehat Manik,SPd seba-gai ketua Sulang Silima marga Manik menyampaikan dalam sambutannya. Mendegger Uruk adalah merupakan acara Budaya Pakpak yang dilaku-kan oleh marga pemegang tanah ulayat dan juga marga-marga lain yang berkaitan dengan marga Sulang Silima pemegang ulayat tersebut.
Mansehat juga mengatakan tujuan dari pesta ini adalah untuk mempersatukan marga Manik, yang dihimpun dalam Persatuan Marga Manik Pergetteng-getteng Sengkut (SMPS).
Bupati Pakpak Bharat H.Makmur Berasa,SH dan juga sebagai dengan sibeltek marga Manik menyatakan dalam sambutannya melalui dilaksankannya acara adat budaya itu pada dasarnya untuk dapat mengangkat harkat dan martabat marga Manik khususnya SMPS.
Bupati juga berharapa agar adat istiadat Pakpak dibuat kesepakatan agar ciri khas dapat diketahui atau dicontoh suku-suku lain. Artinya para tokoh budaya dan sejarahwan orang Pakpak kiranya dapat menerbitkan buku yaitu ten-tang adat dan budaya-budaya Pakpak Kerja Mendegger Uruk Marga Manik PGGS ini, dihadiri keturunan marga Manik dari perantauan dan yang beradad di lebuh-lebuh, juga dengan sibeltek seperti, Tendang Banurea, Beringin, Berasa, Gajah, marga Manik Kuta Usang dan marga Munte sebagai seperjanjuan dan marga Boang Manalu, Bancin sebagai beru, sedangkat Pokan, Cibero dan Berutu sebagai kula-kula dari pada marga Manik. Pada hari itu juga Pelantikan Pengurus SMPS Periode 2007-2010 dilantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar