23 September 2007

Meniupkan Nafas Opera Toba

Sidikalang-Dairi Pers : Mungkin ABG saat ni sudah tak mengenal istilah opera. Namun pada kurun 70-an dan 80 an panggung opera menjadi favorit . Tampilan group opera layaknya kaum Gipsy Amerika ini paling diminati ABG kala itu. Setelah puluhan tahun nama itu tak muncul lagi Wabup Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro bersama salah satu LSM menggelar opera dengan judul pementasan Pulau Simardan di GOR Sidikalang belum lama ini.
Pagelaran yang tergolong sukses ini dimanfaatkan sebagian besar Kadis/Kabag/ kakan dan camat bereuni kembali menggunakan kain sarung yang dibalut ke tubuh untuk menonton cerita Pulau Simardan. Kala biduanita kelompok opera ini menyanyikan lagu opera yang terasa janggal ditelinga ABG sekarang spontan sejumlah kadis dan DPRD Dairi ikut berjoget ke atas pentas.
Anggota DPRD Dairi DR Abdul Angkat yang terlihat ikut larut dalam tarian opera itu menyebut pementasan opera itu mengingatkannya kembali saat-saat anak muda di Sidikalang. Dari segi budaya menurutnya opera yang pernah merajai hiburan masyarakat era 70-an itu sangat indah dan penuh dengan nilai-nilai luhur. Baginya pagelaran itu menjadi kenangan indah diabad 21 ini. Wabup Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro menyebutkan hadirnya opera mengingatkannya pada masa-masa muda dimana kala itu Opera menjadi satu-satu sarana hiburan bagi masyarakat. Dengan stelan sarung tak jarang arena hiburan ini dijadikan tempat mencari jodoh. Dari berbagai cerita opera menurutnya banyak cerita dan pelajaran yang bersifat filosifis yang dapat ditarik dari cerita yang dipentaskan .
Cerita pulau Simardan betapa dipertunjukkan yang maha kuasa kutukan bagi anak yang melupakan orang tuanya. Menurutnya banyak cerita opera yang mempunyai nilai pelajaran . Memang opera ini sudah mulai hilang ditelan masa namun berbagai nilai kebajikan yang diramu dalam hiburan ini sudah mulai sulit ditemukan. Pagelaran kali ini menurut Wabup sangat berkesan karena bisa bereuni pada era 70-an kala dirinya masih muda.
Menurutnya ke depan merencanakan akan membawa kelompok yang terkenal era 70 an itu berkeliling ke kecamatan yang ada di Dairi. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar