23 September 2007

Jalan Borno Dipestakan ---- KRA Johnny Sitohang Adinegoro: “Prioritas Jalan Kantong Produksi”

Lae Pinang-Dairi Pers : Proyek pembukaan jalan yang merupakan pembangunan harus dijaga dan dirawat semua warga desa. Perawatan pembangunan penting karena hal itu untuk kepentingan masyarakat sendiri. jelang pilsung Dairi banyak muncul oknum-oknum yang mengatakan mampu membangun jalan jika daerah itu memilihnya. Secara berapi-api wabup Dairi ini mengatakan hal itu adalah bohong karena semua proyek harus melalui sistim dan mekanisme yang ada. “ada calon bupati di Lae hole mengatakan bisa memberikan proyek . itu bohong karena ada mekanisme yang mengaturnya” Demikian Wabp Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro saat pesta syukuran masyarakat Bintang selasa (11/9)
.Kepala desa Lae Pinang Daulat Lumbangaol menyebutkan di desa tersebut tahun ini mendapat pembangunan pembukaan jalan dari dusun IV lae pinang, hutalama dusun VI lae pancur juma takkar sepanjang 4,6 km dan 900 meter diantaranya perkerasan. Jalan tersebut dikerjakan TH Tambunan. Sedang pengadaan sumur bor juga dilakukan di tiga titik di desa tersebut. Pekerjaan ini dilakukan perusahaan sianjur nulamula dan penituri kerjasama dengan pengusaha dari jawa. Kedua proyek tersebut merupakan proyek pemerintah yang telah ditampung dalam APBD Dairi tahun 2007. Sementara itu warga masyarakat setempat M Sihombing meminta agar tahun depan jalan yang telah dibuka itu juga dilakukan perkerasan.
Wakil Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro dalam sambutannya mengatakan pembukaan jalan pada kantong –kantong produksi memang menjadi prioritas pemkab Dairi. Terlebih Lae Pinang yang merupakan bagian dari kota Sidikalang masih harus menjadi perhartian. Luas lahan yang terbentang di desa tersebut sekitar 1000 hektar. Daerah ini jika dibuka jalan akan membantu petani dimana selama ini petani sulit mengangkut hasil panen karena jalan yang tidak ada.
Ditambahkan acara ini tidak ada unsur politisnya hanya merupakan rasa syukur masyarakat karena telah dibukanya jalan ke kantong-kantong produksi tersebut. Kehadrian beberapa camat se dairi dalam cara itu dimaksudkan agar camat di kecamatan juga melihat lahan-lahan potensial untuk dibuka jalan.
Dalam kesempatan itu wabup juga menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umut muslim dan kepada umat di luar muslim agar tetap menjaga kebersamaan dan menghormati umat yang menjalankan puasa. Dalam kesempatan itu warga setempat bersama TH Tambunan membulang-bulangi KRA Johnny Sitohang bersama ibu disertai ucapan semoga mencapai tujuan.
Tak Lazim
Memang tak lazim usai proyek pembukaan jalan yang berasal dari dana APBD dilakukan pesta syukur oleh masyarakat. Namun ini yang terjadi di desa Lae Pinang, Sidikalang, Dairi. Pengusaha TH Tambunan yang mengerjakan proyek pembukaan jalan itu dielu-elukan mensponsori pesta mengatasnamakan pesta syukur masyarakat lae pinang. Terlepas dari motivasi yang menggerakkan hati pengusaha ini namun pesta itu disambut hangat masyarakat setempat dengan menghadiri undangan . Sejumlah kadis /kakan/ kabag dilingkungan pemkab Dairi juga terlihat turut menghadiri acara tersebut. Juga tampak beberapa camat pemkab Dairi .
Tren baru ini menurut beberapa masyarakat hendaknya dibudayakan yakni mengajak masyarakat berpesta jika disuatu desa ada pembukaan jalan. Rekanan pemborong yang lain juga diharapkan dapat meniru budaya itu . Alasannya sederhana karena pesta seperti itu enak (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar