25 November 2007

Diklat Perangkat Pemerintahan Desa

Sitinjo-Dairi Pers: Senin (12/11) Pemkab Dairi melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepada perangat pemerintahan desa. Kegiatan dipusatkan di TWI Sitinjo dan dibuka Bupati DR.Master Parulian Tumanggor. Untuk tahap pertama diikuti 14 desa sebanyak 52 orang dari Kec. Sidikalang, Kec.Sitinjo dan Kec.Lae Parira.
Desa peserta tahap pertama adalah Bintang, Kalang, Kalang Simbara, Huta Rakyat, Belang Malum dan Bintang Mersada dari Kec.Sidikalang. Desa Sitinjo, Sitinjo I dan Sitinjo II, Kec.Sitinjo. Desa Pandiangan, Lumban Sihite, Lumban Toruan, Bulu Duri dan Kaban Julu, Kec.Lae Parira. Diklat tersebut berlangsung lima hari hingga Jumat (16/11).
Diklat tahap II akan diikuti 15 desa seluruhnya dari Kec. Sumbul diprencanakan sebanyak 60 orang. Yakni Pegagan Julu I, Pegagan Julu II, Pegagan Julu III, Pegagan Julu VI, Pegagan Julu VII, Pegagan Julu X, Tanjung Beringin, Dolok Tolong, Kuta Gugung, Pargambiran, Perjuangan, Sleuh-leuh Parsaoran, Tanjung Beringin I, Barisan Nauli dan Pangguruan.
Tahap ketiag direncanaka diikuti 52 orang dari 13 desa tiga kecamatan yakni Simartugan, Kuta Usang, Lingga Raja II, Mbinanga, Bukit Baru dan Perrik Mbue, Kec. Pegagan Hilir. Desa Parbuuan I dan Parbuluan II dari Kec. Parbu-luan. Desa Silalahi I, Silalahi II, Silalahi III, Paropo dan Paropo I, Kec.Silahisabungan.
Angkatan keempat direncanakan 56 orang dari 14 desa dari tiga kecamatan. Yakni Desa Gunung Sitember, Batu Gugun, gundaling, Rante Besi, Kendet Liang, Lau Lebah dan Tupak Raja, Kec.Gunung Sitember. Desa Sarintonu, Tigalingga, Lau Molgap dan Palding Jaya Sumbul, Kec. Tigalingga. Desa Lau Primbon, Tanah Pinem dan Renun, Kec.Tanah Pinem.
Angkatan kelima direncanakan diikuti 60 oang dari 15 desa dan empat kecamatan. Desa Bakal Gajah, Bongkaras, Tuntung Batu, Pangaroan, Kc.Silimapungga-pungga. Desa Kuta Tengah, Lae Nuaha, Pandan dan Tualang, Kec. Siempat Nempu Hulu. Desa Jumantuan, huta Imnaru, Adian Nagka, Juma Siulok, Kec.Siempat Nempu. Desaa Lae Markelang, Lae Sering dan Sopo Butar, Kec.Siempat Nempu Hilir. Demikian dilaporkan Kabid Kepangkatan dan Penggajian, Setdakab Dairi Drs.Parasian Sihaloho.
Dalam arahannya bupati mengharapkan para pernagkat pemerintah desa mengkuti pelatihan dengan baik. Katanya, pemerintahan desa adalah ujung tombak pelayanan pemerintah kepada rakyat. Untuk itu aparat pemerintahan desa harus mampu memberikan pelayanan yang prima secara langsung kepada masyarakat. Demikian dijelaskan Kabid Humas Pimpinan Erika Hasugian.(R-06)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar