17 Juli 2009

Gedung SMPN 3 Pegagan Hilir Berbiaya Rp 1.2 M Hampir Rampung

P.Hilir-Dairi Pers: Gedung SMP Negeri 3 kecamatan Pegagan Hilir berlokasi di Desa Bukkit berbiaya Rp 1.2 miliar hampir rampung dikerjakan. Direncanakan, gedung baru itu akan dapat menampung murid baru awal tahun ajaran tahun ini.
Panitia pembangunan marga Simbolon, kepada Dairi Pers mengatakan, pembangunan gedung baru itu di danai APBN. Pelaksanaan pembangunannya dipercayakan kepada warga setempat yang kemudian dibentuk panitia pembangunan. Tidak seperti proyek biasa dikerjakan oleh kontraktor.
Dana pembangunan gedung itu dikirimkan langsung dari pusat ke nomor rekening bendara panitia. Sedangkan lokasi (pertapakan sekolah) di sediakan oleh warga desa setempat seluas 1 hektare.
Dikatakan, kehadiran gedung sekolah negeri itu sudah lama dinantikan warga desa itu. Dimana anak sekolah tingkat SMP dari daerah itu, selama ini cukup resah. Sebab mereka harus jalan kaki sejauh 6 kilometer (12 kilometer pulang pergi) menuju tempatnya sekolah yakni SMP swasta Bukit Karo. Sebahagian ada yang sekolah ke SMP swasta di dusun Temba Desa Juma Mejan.
Kami selaku orangtua, selama ini sangat prihatin melihat anak jalan kaki sejauh 12 kilometer pulang pergi. Anak kami berangkat pukul 05.00 Wib dari rumah menuju tempatnya sekolah. Begitu juga saat anak tiba di rumah pulang sekolah, terlihat kelelahan, emas bahkan makan tidak bergairah lagi.
Yang paling menyedihkan, ujar Simbolon didampingi temannya marga Marbun, saat musim hujan terjadi. Sering anak basah kuyub tertimpa hujan. Sedangkan mobil angkutan belum ada. Kalaupun ada mobil angkutan, sangat jarang melintasi daerah ini. Yang sering terlihat adalah mobil angkutan barang jenis L 300, ujarnya. (R.01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar