20 November 2008

Sukses Tani: OBAMA JADI PRESIDEN AS: ADAKAH PENGARUHNYA BAGI PETANI KOPI SIDIKALANG?



Hari Rabu pada pekan yang lalu ini beberapa pedagang di Pekan Sidikalang kembali geger karena dua orang dari Amerika datang berkunjung. Lalu mereka dengan dengan sangat gembira memfoto hampir seluruh aktivitas masyarakat yang kebetulan hari pekan kecil tsb. Apa yang menarik mereka datang ke Dairi?
Terpilihnya Barack Hussein Obama jadi presiden USA telah menarik hati orang-orang Amerika datang ke Indonesia. Tamu kali ini adalah ahli-ahli kopi dari organisasi Specialty Coffee Association yang pusatnya adalah di New York. Mereka berdua, yakni Mr. Thompson Owen (Perusahaan Sweet Maria’s Home Coffee Roasting) dan Ms. Wendy de Jong (Tony’s Coffees & Teas), walaupun masih muda, adalah para pimpinan top perusahaan pedagang besar kopi. Mereka memang anggota SCA of America yang mengunjungi dan ingin terlibat langsung dengan perdagangan kopi dari SCA of Indonesia (SCAI). Penulis kolom ini adalah anggota yang terdaftar resmi pada SCAI.
Obama pernah beberapa tahun sekolah SD di Indonesia. Dan sampai sekarang beliau masih bisa berbahasa Indonesia, menurut kawan-kawannya sewaktu SD tsb. Lalu, orang-orang Amerika patut merasa perlu dengan barang khas yang berasal dari Indonesia. Apalagi kopi? Mereka termasuk peminum kopi, sekitar 15 kali lebih banyak dibanding rata-rata orang Indonesia. SCAI memfasilitasi kunjungan tsb. Dan kunjungan agrowisata adalah perjalanan yg paling disukai penduduk dari negara-negara maju.
Yang kita petik adalah mari manfaatkan kesempatan emas ini untuk mempromosikan Kopi Sidikalang. Karena untuk orang-orang Amerika hal-hal yang biasa pun menurut kita sudah merupakan kejutan yang pantas diabadikan mereka. Bahkan tandiang dan simaroma-oma pun mereka foto sebagai kenangan. Mr.Owen berjanji akan memuat foto-foto menarik dari Dairi tsb pada situsnya www.sweetmarias.com yang sudah dikenal pada aktivis kopi internasional.. Semoga para perantau Dairi pun akan kagum dengan foto-foto tsb jika sudah dimuat nanti. Semoga para petani kopi Sidikalang juga akan makin meningkat pendapatannya karena promosi akan meningkatkan nilai jual produk, khususnya hasil pertanian.

Foto Mr. Thompson Owen dengan Gayanya yang Lucu di Depan Patung Harimau Sumatra (depan Gedung Nasional Sidikalang)

Wawancara SCA dengan Petani Kopi Dairi di Desa Bangun I.
Brosur topik tertentu tersedia untuk Petani/Pembaca Dairi Pers di Sekretariat Redaksi Dairi Pers.
Tim Sukses Tani Dairi Pers akan berusaha menjawab pertanyaan bidang pertanian dan pedesaan yang perlu disajikan pada kolom ini atau konsultasi langsung. Silahkan hubungi langsung atau SMS-kan pertanyaan (tolong sebut nama dan alamat) ke ponsel kami: 0813 6230 1475.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar