20 November 2008

KTP Boleh Untuk Memilih 10.000 Surat Suara Rusak

Sidikalang-Dairi Pers : Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat digunakan sebagai peng-ganti kartu pemilih jika hingga pada hari H Pemilihan belum sampai kepada pemilih. Namun penggunaan KTP hanya dipe-runtukkan untuk mereka yang namanya sudah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap).
Ketua KPU Dairi Drs.
Pasder Berutu MBA didam-pingi Lindawaty Br. Simanjutak menyebutkan KTP juga dapat digunakan namun khusus bagi yang mereka yang telah terdaftar dalam DPT. Namun demikian dikatakan untuk pendistribusian unda-ngan atau kartu pemilih dipas-tikan akan tiba pada PPK hingga TPS satu hari sebelum hari pemilihan.
Sementara itu disebutkan semua logistic berkaitan dengan pilkada Dairi tanggal 23 Oktober telah mulai disalurkan ke PPK kecamatan dan diinapkan sementara di kecamatan yang selanjutnya didistribusi ke PPS hingga TPS. Metode yang dilakukan hari pertama didistribusi untuk kecamatan yang letaknya jauhdari kota Sidikalang. Dan terakhir akan didistribusi untuk kota Sidikalang.
Paket logistic yang dirim yakni surat suara, kotak pemili-han, kotak suara, tinta, Bantalan tinta, alat mencoblos hingga formulir berita acara. Me-nyinggung sterilnya suara suara di PPK dikatakan KPU bersama polisi telah melakukan kerja sama untuk pengama-nannya hingga sampai selamat di PPS. “logistik ini dijaga ketat dan akan terus steril hingga hari H pencoblosan “ ujar Pasder.
Rusak
Sementara itu diperkirakan sekitar 10.000 surat suara yang tiba di KPU rusak dari perce-takan. Surat suara yang rusak ini dipastikan akan diganti dan sudah rampung sebelum pil-kada. Kerusakan suara ini murni dari percetakan yakni pada sisi kartu surat suara robek. Namun demikian Pasder menyebutkan suarat suara itu akan diganti dengan menggunakan berita acara dan disaksikan pihak berwajib.
Sedang aktifitas pelipatan surat suara dilakukan KPU Dairi dengan melibatkan siswa SLTA di dua tempat. Surat suara yang dilipat ini dilakukan 250 siswa SLTA dan dipusat-kan di dua tempat yakni KPU Dairi serta SMKN 1 Sidikalang. Pemberla-kuan sterilisasi lokasi dilakukan ketat oleh aparat polisi. Mereka yang melipat surat suara ini masuk ke ruangan pelipatan di periksa dan digeledah aparat . Demikian juga seusai menye-lesaikan tugas pelipatan juga diperiksa. Dalam pelipatan ini juga dikaitkan dengan sortir surat suara yang ditemukan rusak.
Menyinggung kesiapan KPU D dalam melaksanakan pilkada Pasder meyebutkan sudah siap dan semua persia-pan rampung. Menyinggung hasil pilkada Pasder menye-butkan tidak akan memberi-tahukan hasil perhi-tungan sementara. KPU Dairi hanya mengumumkan perolehan suara resmi, katanya. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar