04 November 2007

Badan Jalan Longsor Desa Lau Peske Nyaris Terisolasi

T.Pinem-Dairi Pers: Desa Lau Peske kecamatan Tanah Pinem Kab.Dairi, kini nyaris terisolasi akibat jalan satu satunya keluar masuk Desa itu longsor ke jurang sepanjang 10 meter. Longsornya badan jalan tersebut terjadi bulan lalu, setelah kawasan itu di guyur hujan lebat dan berkepanjangan.
Pantauan Dairi Pers, di lapangan badan jalan bertebing itu longsor dengan ke dalaman lebih kurang 20 meter. Akibatnya sangat sulit untuk di lalui kenderaan bermotor roda empat. Sebab badan jalan menjadi sempit.Sehingga warga di sana membuat jalan alternatif dan tidak jauh dari jalan yang longsor.
Kepala Desa Lau Peske, Justi Ginting,tokoh masyara-kat, Sedap Karokaro, wakil ketua BPD,Pengadin Tarigan dan anggota BPD, Benna Malam Ginting belum lama ini meninjau ke adaan jalan tersebut. Kepala Desa mengatakan, untuk memperbaiki jalan tersebut, tidak adapat lagi kalau hanya mengandalkan swadaya masyarakat (gotong royong). Sebab harus menggunakan alat berat serta membutuhkan banyak dana.
Dikatakan, untuk memperbaiki jalan tersebut harus membuat tembok (bronjong). Mengingat medannya cukup terjal dan bertebing.Jalan itu merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Sebab jalan tersebut merupakan penghubung pemukiman penduduk dengan sentra produksi pertanian.
Kepala Desa,tokoh masyarakat dan pengurus BPD mengharapkan perhatian Pemkab Dairi (instansi terkait) agar dapat memperbaiki badan jalan yang longsor tersebut, sebelum melumpuhkan perekonomian masyarakat.(BS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar