04 November 2007

DAK Pendidikan Dairi 2008 Rp.17 Miliar

Sidikalang-Dairi Pers: Gedung SD Dairi yang umumnya masih bangunan SD Inpres sudah saatnya direhap. Gedung yang sudah berusia puluhan tahun itu sudah mulai lapuk dan butuh perbaikan. Upaya dinas pendidikan Dairi untuk mendatangkan DAK untuk rehap fasilitas pendidikan dasar itu terus dilakukan. Untuk tahun 2008 Dinas pendidikan mendapat DAK untuk rehap gedung tersebut Rp. 17 Miliiar.
Kadis Pendidikan Dairi Drs. Datulam Ojahan Padang yang dikonfirmasi Kamis (25/10) menyebutkan dana tersebut akan diperuntukkan untuk 70 SD yang akan direhap tahun 2008. Diperkirakan dana tersebut sudah masuk pada awal tahun 2008.
Disebutkan rehap SD ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam. Mulanya dana hanya beberapa ratus juta yang selanjutnya naik merangkak hingga milliar dan terakhir puluhan milliar rupiah. Diperkirakan dengan dana itu hampir seluruhnya SD di Dairi yang sudah mendapat dana rehap yang bersumber dari dana DAK. PPK DAK Dinas Pendidikan Dairi Drs. Pardi Simanjuntak yang dikonfirmasi di ruangannya menyebut alokasi dana DAK tersebut kepada 70 sekolah belum rampung dikerjakan. Namun disebutkan untuk alokasi dilakukan setelah mensurvey dan melihat kondisi SD. Target utama kita SD yang memang benar-benar butuh rehap yang kita prioritaskan, ujar Simanjuntak.
Menyinggung siapa yang mengerjakan proyek rehap SD itu Simanjuntak mengatakan masih seperti tahun silam dikerjakan komite sekolah bekerjasama dengan kepala sekolah. Metode yang merupakan sudah baku dari pusat itu untuk Dairi sudah berhasil guna dan proyek DAK tersebut untuk Dairi dapat dikatakan berhasil. Metode seperti itu disebutkan bernilai tambah yakni adanya rasa memiliki dari sekolah serta masyarakat yang mencintai pendidikan. Rasa memiliki itu dapat berkembang sehingga warga ikut menjaga keberadaan sekolah. Diperkirakan akhir tahun 2007 data sekolah yang mendapat dana DAK itu sudah rampung untuk selanjutnya dikerjakan sesuai peraturan. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar