04 November 2007

Bulan Balita 25 & Bina Generasi Muda 2007 Dairi

Sidikalang-Dairi Pers : Bulan balita dan bina remaja tahun 2007 diperingati di Dairi dalam satu acara yang dipusatkan disejumlah instansi di Dairi. Acara pembukaan dilakukan di Balai Budaya Rabu (23/10) yang dibuka langsung ketua Tim penggerak PKK Dairi Ny Hetty Tumanggor br. Sitinjak. Hadir dalam kesempatan itu Sekda Dairi B. Sinaga, kepala kantor PMD Dairi Irwansyah Pasi,SH serta ibu-ibu PKK dan camat se Dairi.
Dalam sambutannya ketua Tim penggerak PKK menyebutkan untuk tahun ini kegiatan bulan balita dan bina remaja dilakukan dengan berba-gai perlombaan. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan didikan dan perhatian sejak dini kepada anak. Dengan demikian diharapkan akan muncul generasi yang tangguh dan siap pakai mampu menghadapi tantangan ke depan.
Peningkatan SDM anak harus dimulai sejak dini dengan memperhatikan kesehatan dan perhatian orang tua terhadap anak. Ini dimaksudkan untuk menyongsong program era Indonesia yang berkwalitas. Menciptakan gerasi berkwalitas ini harius dimulai dari perhatian kepada anak yakni gizi, kesehatan anak serta menerapkan didikan mental, fisik, etika dan moral serta akhlak yang mulia. Dengan demikian menurutnya akan tumbuh generasi yang tangguh dan membawa generasi muda ke arah yang lebih maju.
Disamping itu untuk membina gerasi muda orang tua juga masih harus dilibatkan dengan memperhatikan khususnya masa muda merupakan masa pancaroba dimana remaja kerap jatuh ke arah pergaulan bebas, narkoba dan sex bebas. Perhatian orang tua dan memberikan pendidikan agama dan akhlak menjadi penting untuk masa remaja tersebut.
Dalam kesempatan bulan balita dan generasi muda ini dilakukan berbagai pelombaan yakni 4 jeni untuk balita yakni lomba ibu dan balita sehat yang dilakukan di aula kantor bupati Dairi, Lomba balita menyusun Puzzel diruang tunggu pendopo, Lomba balita menyanyi di kelas TK pertiwi Sidikalang serta lomaba balita menggambar di sebelah ruang tunggu pendopo. Sementara itu untuk lomba bina remaja diperlombakan lomba cerdas cermat yang dilangsungkan di jojong kantor bupati Dairi, lomba pidato di aula Bapppeda Dairi, lomba cipta APE aula perindagkop Dairi serta lomba vokal group di balai budaya Sidikalang.
Ny Hetty menyebutkan tujuan lomba ini bukan sekedar untuk mencari juara namun leboh dari itu bagaimana untuk menciptakan generasi yang tangguh yang menjadi harapan bangsa. Perlombaan ini diikuti utusan-utusan kecamatan. Ny Hetty menyebutkan sangat menyesalkan peran beberapa kecamatan yang hanya mengikuti beberapa cabang lomba. Padahal dengan keikutsertaan itu akan tampak pembinanan kecamatan terhadap masyarakat di desa. Para pemenang lomba bulan balita ini selanjutnya akan mengikuti perlomabaan tingkat Sumut.
Hasil pemenang dalam lomba tersebut yakni untuk lomba cerdas cermat juara 1 Rominta Bakkkara dari kec Sidikalang, ke II Hermanto Sidabariba kec. Sidikalang. III Rontiubar Simbolon kec. Siempat Nempu, Harapan I Sismewaty dari Silima Pu-nggapungga. Harapan II Menghiwat Manalu kec Siempat Nempu Hulu dan harapan III Gresia Hutabarat kec. Sumbul.
Untuk lomba pidato juara I Jesika Silalahi/ Sidikalang, II Sri Oka Silalahi siempat nempu Hulu, III Nola Tilar Silaban siempat Nempu. Harapan I Mery Siska Padang Sumbul, Harapan II Nola Tridani Sijabat Silahi Sabung-an. Dan Yanto Pakpahan Tigalingga. Untuk lomba APE Juara I Valery Sitanggang Sumbul, II Sri Devi Simarmata Silahi Sabungan, III Elfrida Sitorus dari Sitinjo dan Harapan I Elisabeth Silaban Sidikalang. Untuk vokal group jura I kec Sidikalang, II Sitinjo, III Silahi Sabungan. Harapan I Kec. Siempat Nempu Hulu, II Siem-pat Nempu dan Harapan III Sumbul.
Sementara untuk lomba balita yakni Ibu dan Balita Sehat juar I Rafles Siahaan / Magdalena Br. Sitinjak Silahi Sabungan, II Sofi Purba/ Wiwin Manik kec. Sidikalang. III Irene Nadine Carolina/ K. Sitorus Lae Parira. Harapan I Cindy Berutu/ Halimah Cibro Silima punggapungga. Harapan II Jonathan Situmorang / Yosef Silalahi kec. Sumbul dan harapan III R Pinem/ Elmida Sembiring kec. Gunung Sitember.
Lomba Balita menyanyi juara I Yuni Sarah Sidikalang, II Agustina Silama Pungggapungga III Lola Sihotang, Harapan I Yuki Jay Sihombing Siempat Nempu, Harapan II Naomi Kartika Lae Parira dan Hara-pan III Rotua Raja gukguk Siempat Nempu Hulu.an Balita menggambar juara I Foertunela Siregar Sidikalang, II Jerlin Sihotang Kec. Parbuluan, III Karina N Sihotang Silima Pungga-pungga. Harapan I Alicia Siregar Sitinjo, Harapan II Evangeliska Maharani Gunung Sitember dan harapan III Tri Maha kec Berampu. Sementara itu pememang Balita menyusun Puzzle juara I Juveli Lubis Sidikalang, II Melky Pandiangan Silahi Sabungan, III Cahaya br. Purba Berampu, Harapan I Michael Putra Niklin Sitinjo. Harapan II Grace Manik Sumbul serta harapan III Mutiah Angkat dari kec. Pegagan hilir. (R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar