07 Oktober 2007

Hitungan Jam Hotmix Kecupak Terkelupas

Kecupak-Dairi Pers : Rasa bangga masyartakat kecupak II PGGS merasa senang dan bergembira mendengar adanya proyek hotmix sepanjang1000 meter disesanya Fasilitas jalan yang selama ini rusak dan belubang-lunbang dalam waktu dekat akan hilang hingga mulus. Bahu jalan ini juga meruapakn yang poertama terkena aspal Hotmix . Namun apa lacur harapan warga itu berbuah luka karena pengaspalan yang dilakukan rekanan tersebut hanya dalam hitungan jam rusak dan terkelupas.
Data yang didapatka Dairi Pers menyebutkan proyek pengas-palan Hotmix tesebut dikerjakan oleh CV Dairi Jaya Lestari atas nama Suparto Gultom Senin (24/9) masya-rakat setempat merasa kecewa pasalnya baru selesai dihotmix jam 06.00 Wib Selasa (25/9) hanya hitungan beberapa jam saja hotmix tersebut telah terkelupas dan rusak sepanjang 250 meter. Baru jam 6.00 selesai diaspal jalan itu sudah rusak dan hancur pada bahu kiri kanan jalan. Di duga material hotmix tersebut tidak menyatu dengan alas jalan, ujar warga setempat W Manik dan S Manik didampingi warga lainnya sambil menunjukkan jalan yang berma-salah itu kepada sejumlah wartawan Pakpak Bharat. .
Menurut salah seorang warga dan seorang kontraktor yang minta nama tidak disebut terkelupasnya aspal tersebut bisa dimungkinkan suhu aspal hot-mix telah menurun sehingga tidak menyatu pada aspal sebagai dasar bahu jalan. Artinya panas hotmix sudah tidak memadai untuk mengikat pada bahu jalan yang lama.
Kemungkinan lainnya besar dugaan saat pengaspalan dilaku-kan dasar jalan yang berlubang tanpa disisip terlebih dahulu namun langsung ditimpa hotmix. Diduga pengawas dinas PU pakpak Bharat juga teledor tidak menjalankan tugasnya secara maksimal sehingga rekaan yang mengerjakan bahu jalan itu leluasa begitu saja mengaspal hotmix kendati sudah tak memadai.Infromasdi mas-yarakat menyebuytkan penga-was proyek itu adalah pegawai dinas PU Pakpak Bharat yang hanya mengawasi pekerjaan hingga sore saja.
Pantauan wartawan dalam plank proyek tertulis pening-katan jalan (periodik DAK) 2007. Pengaspalan Hotmix kecupak II dan Kecupak I (hotmix) sepanjang 1.000 meter X 3 meter, Dana yang ditam-pung sebesar Rp. 439.100.000. Masa pekerjaan juli s/d oktober 2007 dengan pelaksana CV Dairi Jaya Lestari an Suparto Gultom.
Ironisnya lagi data yang ada di plank proyek tidak sama dengan data yang sebenarnya karena dalam plank proyek tertulis Rp. 439.100.000. tanpa menyebut berapa fisik dan berapa persen pajak proyek tersebut.
Sesuai infrormasi dari PPK dan pengawas prioyek tersebut saat dionfrimasi menaykan 1.000 M X 3,5 M.
Ketika hal itu dikonfrimasi kepada pengawas dan PPK prtoyek itu Manatar silalahi dan Maruli P Sitanggang diruang kerjanya Selasa (25/9) menga-takan , proyek itu belum ada dibayar sesuai kontrak Mereka berjanji dalam waktu dekat hotmix yang rusak itu akan diperbaiki dan diganti. Ditambahkan diperjalanan pengangkutan hotmix truk pengangkut rusak sehingga mengakibatkan keterlabatan hotmix tiba dilokasi pengas-palan.
Smentara itu mengenai pengawas tidak berada dilokasi saat pengaspalan dibantah. Mereka tetap bertugas kendati tidak sepanjang malam menga-wasi. Mereka hanya mampu berada sampai pukul 01.00 Wib di lokasi.pengaspalan “ Bapak kan tahu saya manusia sampai dimana kemampuan saya, makanya sampai waktu itu saja saya bisa mengawasinya “ ujarnya enteng.(PB.01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar