07 Oktober 2007

Dinas Pertanian Serahkan Benih Ikan Kepada Kelompok Tani Satahi

Sidikalang-Dairi Pers: Dinas Pertanian Dairi, serah-kan benih ikan nila jenis Gift kepada kelompok tani Satahi Desa Sungai Raya kecamatan Siempatnempu Hulu Kab. Dairi, Senin (24/9). Kelompok tani tersebut beranggotakan 26 orang.
Benih ikan tersebut sebanyak 10.000 ekor dengan ukuran 10-12 cm, di serahkan Kabid perikanan Dinas Pertanian, Lamhot Silalahi,S.Pi selaku pejabat pembuat komitmen. Benih langsung di terima anggota kelompok tani, di sak-sikan mantan Kepala Desa Su-ngai Raya, T.Situmorang yang juga sebagai kelompok tani.
Lamhot Silalahi,S.Pi saat penyerahan mengatakan, apabila petani betul-betul merawat benih ikan, dapat menghasilkan 4-5 ekor/kg dalam tempo empat bulan.Merawat ikan tidak dapat setengah hati.Harus dengan betul memberi pakan secara continue sesuai petunjuk.Usaha apapun tidak dapat menghasil-kan apa bila tidak di barengi dengan keseriusan.
Dikatakan,Dinas pertanian terus berupaya mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Selama tahun 2007 ratusan ribu ekor benih ikan nila telah di serahkan kepada petani di berbagai Desa, dengan cecara cuma.Itu merupakan kepedu-lian pemerintah terhadap petani dengan tujuan untuk memper-cepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.Tetapi itu semua-nya tergantung pada petani. Sebaik apapun program peme-rintah, kalau petani tidak mene-rima dengan baik akan sia-sia.
Salah seorang di antara kelompok tani itu mengatakan, agar Dinas Pertanian terus memberi petunjuk terhadap petani ikan. Seperti cara perawatan dan pemberian pakan. Kami akan menerima dan melaksanakan petunjuk dari PPL. Sehingga benih ikan dapat membantu perekono-mian, ujarnya seraya mengu-capkan terima kasih atas pemberian benih tersebut.
Menurut Lamhot Silalahi,S. Pi khusus kepada Dairi Pers di lapangan mengatakan,jauh sebelum penyerahan bibit itu, pihaknya telah memantau ke adaan kolam petani. Layak tempat pemeliharaan ikan atau tidak. Kita bukan asal menye-rahkan begitu saja. Selain itu, ke depan juga akan di pantau tentang perkembangan ikan di kolam petani. Sehingga betul betul dapat mendongkrak pere-konomian petani lewat sektor perikanan, ujarnya semangat. (R.01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar