10 Februari 2008

Stadion Sidikalang Rampung Dikerjakan

Sidikalang-Dairi Pers : Lapangan stadion Sidikalang yang terletak diperbatasan Sidikalang dan Sitinjo, Dairi rampung dikerjakan. Stadion yang dibanguin berbiaya puluhan milliar itu memang masih tahap awal namun dipastikan kondisi dan kelasnya jauh lebih megah dibanding stadion lama. Kendati belum dapat digunakan namun lapangan itu sudah dapat bersaing dengan stadion lain di kabuapten yang ada di Sumut.
Pantauan Dairi Pers stadion yang telah rampung dibangun itu terdiri atas dua tribun penonton serta satu tribun khusus semacam VIP yang terletak ditengahnya. Namun yang paling membuat stadion ini terkesan megah adalah lapangannya yang beralaskan rumput dengan desain parit pembuangan air yang bagus.
Tribun penonton yang cukup tinggi itu diperkirakan dapat menampung penonton hingga 50 ribu orang. Sedang letaknya yang berada persis dipinggir jalan propinsi mem-buat lokasi ini nantinya diper-kirakan akan ramai dikunjungi para pecinta olah raga di Dairi. Kehadiran lapangan bola ini di Dairi menjadi sangat dinanti-nanti pencinta sepak boila karena kini praktis lapangan yang dapat digunakan hanya lapangan sudirman milik TNI.
Berbagai turnamen sepak bola hanya dilakukaukan dilapangan sudirman sejak stadion lama runtuh saat perayaan HUT RI. Saat itu satu orang tewas terhimpit reruntuhan tembok yang memang sudah tua.
Stadion Sidikalang yang lama kini sudah ditinggalkan karena diperkirakan sudah tidak sesuai lagi dengan laju perkembangan kota Sidikalang. Stadion yang berada tepat dijantung kota Sidikalang itu sudah tidak memungkin lagi untuk perkembangan dan perluasannya karena sudah dikelilingi perumahan penduduk. Demikian juga lapangan parkir tidak memadai lagi untuk perluasan..
Prestasi sepak bola Dairi dengan tim PSSDnya harus diakui telah meningkat hingga menembus divisi II PSSI. Hal ini harus disikapi dengan tersedianya lapangan yang memadai sehingga tim daerah ini tidak terlalu terkejut lagi bermain pada lapangan yang sudah lebih berkelas.
Kadis PU Diri Ir. Tagor H Sinurat, MSc menyebutkan pembangunan stadion ini bertahap. Dan tahap yang sudah selesai merupakan fasilitas utama yakni tribun dan lapangan. Untuk menjadikan stadion ini berkelas masih diperlukan pembangunan berbagai fasilitas lainnya seperti tembok stadion, fasilitas ruangan perkantoran serta berbagai fasiltas penunjang seperti lampu sorot yang memungkinkan lapangan ini dapat diugunakan malam hari.
Namun disebutkan untuk tahap awal pembangunan satdion itu sudah rampung dikerjakan. Namun belum dapat digunakan karena rumput yang baru ditanam dilapangan tersebut belum tumbuh sem-purna. Dikhawatirkan jika langsung digunakan akan berakibat rumput mati.
Sedang menyinggung desain yang dibuat merupakan salah satu bentuk stadion yang bergengsi. Sistim drasinase yang digunakan akan mampu membuat lapangan tetap kering kendati hujan mengguyur. Diperkirakan tahun 2008 ini juga stadion tersebut sudah dapat digunakan peminat sepak bola Dairi.(R.07)

2 komentar:

  1. apakah pmbangunan itu sudah mulai di jalankan lagi ??
    kami mohon pd pemda dairi spy tidak muluk2 dlm brtindak , kasihan ank2 yg memiliki potensi sbg pemain sepak bola tp tidak ada fasilitas yg memadai ..
    thnx

    BalasHapus
  2. Pembangunannya sudah selesai, walaupun dikerjakan bertahap. Kami akan postingkan photo terbaru segera. Bujur, lias ate, mauliate

    BalasHapus